Admin | 18 May 2021
Benchmarking merupakan sebuah metode sistematis atau proses pengukuran kinerja, baik itu layanan, produk atau proses suatu perusahaan dengan membandingkannya dengan layanan, produk atau proses dari perusahaan lain yang dianggap terbaik di industri yang sama. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan dengan memperbaiki kinerja usaha.
Benchmarking memiliki enam manfaat yang didapatkan jika organisasi melakukan benchmarking, yaitu:
Suatu organisasi atau pemilik usaha dapat mengidentifikasi bagian yang perlu ditingkatkan dengan cara membandingkan kinerja saat ini dengan kompetitornya.
Pada tahap ini kita dapat melihat trend saat ini dalam bentuk data sehingga memungkinkan perusahaan untuk memproyeksikan trend yang akan terjadi di masa depan dan hasil seperti apa yang ingin dicapai.
Perbaikan dan peningkatan yang berkelanjutan merupakan salah satu manfaat yang didapatkan dengan melakukan benchmarking, dan harus dilakukan dari waktu ke waktu.
Organisasi atau pemilik usaha yang melakukan benchmarking dapat menentukan tujuan dan metrik kinerja untuk meningkatkan kinerjanya, penetapan sasaran ini merupakan target baru yang lebih kompetitif untuk perusahaan tetapi tetap harus realistis.
Dengan melakukan benchmarking dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi posisi perusahaan dalam suatu industri saat ini, jika Anda ingin meningkatkan bidang apapun dalam usaha Anda maka benchmarkingmerupakan salah satu cara untuk melihat bagaimana langkah-langkah untuk sampai ketujuannya.
Secara umum, tujuan utama melakukan benchmarking adalah untuk memberikan pemahaman kepada organisasi atau pemilik usaha mengenai produk atau kinerja mereka saat ini. Dengan begitu, Anda dapat melakukan evaluasi dan melakukan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja maupun kualitas produk.